• Penampilan Daphne di sesi final

  • Foto Bersama pada Finalis dengan PT Propan sebagai Gold Sponsor.

  • Para Panelis Sales Conference berfoto bersama (13 Oktober 2022).

Unjuk Kemampuan B2B Sales, Mahasiswa UNPAR Juara 2 Se-Asia Tenggara

Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan kembali berprestasi pada perlombaan penjualan Business to Business (B2B) tingkat Internasional, 3rd South-East Asia Sales Competition (SEASAC) 2022. Perlombaan ini diikuti oleh 104 mahasiswa tingkat sarjana dan magister dari 32 universitas dan 8 negara di Asia Tenggara. Kompetisi dilaksanakan secara online untuk sesi kualifikasi 1 & 2 pada tanggal 13-15 September 2022. Dilanjutkan dengan sesi semi-final dan final yang dilaksanakan secara hybrid pada tanggal 12-13 Oktober 2022 di The Joseph Wibowo Center of Advance Learning, Bina Nusantara, Jakarta. Binus menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan SEASAC tahun ini.

South East Asian Sales Competition (SEASAC) adalah proyek capacity building for higher education di Asia Tenggara untuk bidang penjualan B2B. Proyek ini didanai oleh Erasmus+ dari Uni Eropa. Konsorsium ini terdiri dari 4 universitas di Eropa, 5 universitas di Indonesia, 2 universitas di Thailand, dan SEAMOLEC (Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center). Melalui penjualan B2B, mahasiswa ditantang untuk menunjukkan keterampilan dan perilaku sebagai seorang profesional B2B sales berdasarkan kasus yang diberikan pada tiap sesi. Pada setiap sales meeting session, peserta akan berhadapan dengan buyer dari praktisi industri dan beraksi di depan juri independen yang merupakan praktisi serta dosen yang memiliki kompetensi di bidang sales & marketing.

Pada kesempatan ini, UNPAR mengirimkan empat mahasiswa perwakilan, yaitu: Josh Samuel Dumanauw (Prodi Sarjana Administrasi Bisnis), Daphne Andrea (Prodi Sarjana Hubungan Internasional), Marvellyn Chrystalinda Cezreine (Prodi Sarjana Manajemen), dan Shannon Malena Santoso (Prodi Sarjana Manajemen). Bapak Fernando Mulia, S.E., M.Kom., Ibu Dr. M. Banowati Talim, Ibu Dian Sadeli, S.E., M.Ak., dan Bapak Albert MPL Tobing, S.T., MBA pada kesempatan ini bertugas sebagai dosen pendamping yang memberikan pelatihan serta bimbingan kepada para peserta.

Seperti kata pepatah, hasil tidak akan mengkhianati proses. Pada 3rd SEASAC ini, Daphne Andrea berhasil mendapatkan Juara 2 mengalahkan lebih dari 100 kompetitor yang merupakan mahasiswa perwakilan 32 universitas dari 8 Negara. Selain itu, Daphne mendapatkan predikat The Best Presentation Deck dan The Best Social Media Posting. Shannon Malena Santoso juga berhasil mendapatkan Juara 5. Marvellyn Chrystalinda Cezreine medapatkan predikat semi-finalist serta Josh Samuel Dumanauw mendapatkan predikat semi quarter-finalist. 

Ibu Dian Sadeli dari Program Studi Administrasi Bisnis juga diundang untuk menjadi panelis pada Sales Conference bertajuk “Connecting the Dot in Developing the Next Talent of Sales Graduates”. Acara ini merupakan side event dari 3rd SEASAC 2022. Sales Conference membahas persepsi mahasiswa tentang profesi sales, tantangan perekrut untuk mendapatkan tenaga penjual yang handal dan tangguh, kebutuhan industri akan profesi B2B sales, serta inovasi dari Pendidikan Tinggi untuk Kurikulum B2B Sales. Tentunya momen ini menjadi kesempatan bagi UNPAR memaparkan inovasi kurikulum & pola pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir. Inovasi ini dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa kelak menjadi tenaga penjual B2B yang profesional.

Program Studi Administrasi Bisnis UNPAR memiliki mata kuliah pilihan Penjualan B2B. Tidak hanya untuk Prodi Administrasi Bisnis saja, mata kuliah ini dapat dijadikan mata kuliah pilihan oleh seluruh mahasiswa UNPAR dari program studi manapun. Mata kuliah ini dibuka setiap semesternya bagi mahasiswa yang berminat untuk memperdalam kompetensi di bidang penjualan B2B.

Tidak hanya pada ajang SEASAC, pada bulan April 2022, mahasiswa UNPAR juga bersaing pada Turku Sales Competition (TSC) yang diselenggarakan oleh Turku University, Finlandia. TSC merupakan kompetisi yang bergengsi dengan membedakan kualifikasi regional Asia dan Eropa. Setelah melalui babak kualifikasi hanya 4 perwakilan region Asia yang dapat melanjutkan ke babak semifinal untuk bersaing dengan perwakilan region Eropa. Nanda Naomi Sungkono, Calista 

Pada akhir Januari 2023 mendatang, UNPAR kembali menyelenggarakan kompetisi lokal bertajuk 3rd Parahyangan Sales Competition (PSC). Pertandingan ini dibuat sebagai seleksi awal untuk mendapatkan sales person terbaik yang akan menjadi wakil UNPAR di 4th SEASAC yang akan diselenggarakan pada tahun 2023 mendatang. Kompetisi ini terbuka untuk mahasiswa aktif dari universitas se-Jawa Barat dan Banten.

X