Pedoman dan Alur Pengajuan Sidang Daring Program Strata-1

1. Pendaftaran pengajuan skripsi dan sidang.

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah Skripsi wajib melakukan tahapan pengajuan skripsi dan tahapan pengajuan sidang di student portal, serta melampirkan persyaratan pengajuan sidang di form SO1: https://fisip.unpar.ac.id/skripsi/3/ dengan menggunakan akun student Unpar.

Panduan Pengajuan Skripsi dan Pengajuan sidang dapat dilihat di Student Portal.

Tahapan Umum Pengajuan Skripsi

a. Batas pengajuan skripsi di student portal adalah H-7 UTS (7 hari sebelum pelaksanaan UTS)
b. Pengisian Usulan topik Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris serta usulan dosen pembimbing.
c. Unggah Dokumen (Tidak ada dokumen yang diunggah, hanya meng-klik simpan dan kirim).
d. Setelah dokumen diverifikasi KTU, Ketua Program Studi dan Dekan, mahasiswa akan mendapatkan nomor surat Bimbingan Skripsi. Selanjutnya kartu bimbingan skripsi dapat diunduh pada student portal dan mahasiswa dipersilahkan melaksanakan proses pembimbingan skripsi.
e. Setelah menyelesaikan bimbingan skripsi, mahasiswa dapat melakukan penyelesaian skripsi pada student portal di menu penyelesaian skripsi dengan mengunggah kartu bimbingan yang telah di tanda tangani oleh pembimbing serta bukti hasil uji kemiripan karya ilmiah sebagai bukti berhak maju sidang. Hal ini merupakan tahap terakhir di menu pengajuan skripsi sebelum mahasiswa melakukan pengajuan sidang di menu Pengajuan Sidang.

  1. Mahasiswa memastikan terdaftar sebagai peserta mata kuliah skripsi di student portal
  2. Mahasiswa memeriksa dosen pembimbing skripsi di student portal
  1. Mengisi topik/judul skripsi dalam bahasa Indonesia dan Inggris
  2. Mengisi usulan dosen pembimbing skripsi
  3. Di menu unggah dokumen klik simpan dan kirim tanpa mengunggah/mengupload dokumen apapun
  1. Verifikasi Kepala Tata Usaha (KTU)
  2. Verifikasi Ketua Program Studi
  3. Verifikasi Dekan
  4. Proses Pembuatan SK dan kartu bimbingan

*) Mahasiswa harus selalu memantau proses verifikasi

Setelah proses pembuatan SK dan kartu bimbingan selesai, unduh/download kartu bimbingan di student portal dan melakukan bimbingan skripsi

  1. Setelah menyelesaikan bimbingan skripsi unggah kartu bimbingan di menu penyelesaian skripsi di studet portal [+ unggah hasil uji kemiripan Karya Ilmiah]
  2. Pastikan pembimbing skripsi mengisi perkiraan tanggal sidang dan memberikan paraf di kartu bimbingan
  3. KTU melakukan verifikasi
  4. Proses pengajuan skripsi selesai
  5. Jika pengisian kartu bimbingan skripsi tidak lengkap KTU akan memberikan instruksi untuk melakukan revisi dan mengunggah ulang kartu bimbingan

CATATAN

a. Batas Pengajuan skripsi di studentportal maksimal H-7 sebelum UTS
b. Mahasiswa wajib membawa dan mengisi kartu bimbingan setiap kali melakukan proses bimbingan skripsi
c. Manual Book Panduan Pengajuan skripsi dapat di lihat dan diunduh di student portal
d. Setelah berhasil melakukan penyelesaian skripsi di menu pengajuan skripsi langkah selanjutnya adalah melakukan pengajuan sidang di student portal

Langkah selanjutnya setelah penyelesaian skripsi (unggah kartu bimbingan dan hasil uji kemiripan karya ilmiah) di menu pengajuan skripsi di acc oleh TU adalah melakukan pengajuan sidang

2. Proses Pengajuan, Pelaksanaan dan Penyelesaian Sidang.

Tahapan Umum Pengajuan Sidang

  • Pengisian judul Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris skripsi serta nama dosen pembimbing.
  • Unggah Dokumen yang menjadi syarat di menu pengajuan sidang (tiap file maksimal 1MB; Form S01; Draft Skripsi yang telah mendapatkan tanda tangan dosen pembimbing dan Kaprodi pada halaman  persetujuan skripsi dalam format PDF; lembar persetujuan skripsi; file presentasi sidang dalam format PDF (khusus Prodi Hubungan Internasional)).
  • Mahasiswa secara aktif melakukan pengecekan pada menu status pengajuan sidang di student portal, untuk memastikan kelengkapan persyaratan. (Approval KTU/kaprodi)

Tahapan Pelaksanaan dan Penyelesaian Sidang.

  • Mahasiswa dapat melihat jadwal sidang di student portal di menu awal pengajuan sidang, jadwal sidang diumumkan juga melalui Web Fisip dan Twitter FISIP.
  • Pelaksanaan sidang dilakukan secara daring (online)
  • Catatan dari para penguji sidang pada saat pelaksanaan Sidang Skripsi ditindaklanjuti oleh mahasiswa untuk merevisi skripsi (daftar perbaikan naskah skripsi akan dikirim ke email student Unpar). Dosen pembimbing berwenang untuk membimbing, mengarahkan, dan memeriksa proses revisi dan penyelesaian skripsi. Waktu penyelesaian revisi skripsi adalah maksimal 7 (tujuh) hari kerja setelah pelaksanaan Sidang Skripsi. Setelah mahasiswa menyelesaikan revisi skripsi, mahasiswa meminta tanda tangan pembimbing dan para penguji. Lembar Pengesahan Skripsi dapat diunduh pada tautan: https://fisip.unpar.ac.id/skripsi/4/ . Setelah mahasiswa mendapatkan tanda tangan pembimbing dan para penguji, selanjutnya mahasiswa mengajukan permohonan tanda tangan Dekan dengan mengirimkan file lembar pengesahan skripsi ke email kasubag_akd.fisip@unpar.ac.id
  • Mahasiswa dapat melihat nilai Sidang Skripsi melalui Student Portal.
  • Mahasiswa wajib menyerahkan teks akhir/final skripsi yang sudah direvisi, daftar perbaikan naskah skripsi, lembar pengesahan skripsi paling lambat 7 (Tujuh) hari kerja setelah pelaksanaan sidang skripsi pada tautan https://fisip.unpar.ac.id/skripsi/4/. (menggunakan akun student UNPAR) dengan catatan tidak melewati batas akhir semester.

1. Web FISIP: fisip.unpar.ac.id

Ket: Mengisi form SO1 harus menggunakan email student UNPAR

  • Setelah melakukan pengisian dan berhasil akan dikirimkan ke email form SO1 hasil pengisian (from: noreply@unpar.ac.id)
    contoh form dapat dilihat di https://fisip.unpar.ac.id/skripsi/3/
    Dokumen ini silahkan diunggah pada saat pengajuan sidang di student portal (persyaratan nomor 1)

2. Student Portal (Menu Pengajuan Sidang)

  • Tab Sidang: Isi judul skripsi dalam bahasa Indonesia dan Inggris kemudian klik simpan
  • Tab Dokumen : Unggah dokumen
  1. Form SO1
  2. Draft Skripsi (format file .pdf)
  3. Tanda persetujuan skripsi
  4. Presentasi Sidang (format file .pdf)(khusus Prodi Ilmu Hubungan Internasional)

Setelah mengunggah dokumen persyaratan di studentportal di menu pengajuan, sidang tahap berikutnya:

  1. Tahap verifikasi oleh Kepala Tata Usaha
  2. Tahap verifikasi dan penjadwalan sidang oleh ketua program studi

Setelah proses Verifikasi selesai, jadwal dan penguji sidang akan tampil di student portal. Jadwal dinyatakan sudah tetap/final jika sudah diumumkan melalui twitter dan web FISIP serta dikirimkan pemeberitahuan jadwal sidang melalui email oleh staf akademik

Jadwal dinyatakan sudah tetap/final jika sudah diumumkan pula melalui twitter dan web FISIP serta dikirimkan pemberitahuan jadwal sidang melalui email oleh staf akademik

  1. Pelaksanaan Sidang dilaksanakan secara Daring (Online), Jadwal Sidang selain diumumkan di Twitter dan WEB FISIP juga akan diberitahukan melalui email
  2. Pasca Sidang mahasiswa akan Mendapatkan Catatan dan komentar para penguji sidang untuk ditindaklanjuti mahasiswa untuk merevisi skripsi (daftar perbaikan naskah skripsi)
  3. Daftar perbaikan naskah akan dikirimkan melalui email oleh staf akademik
  4. Setelah proses revisi skripsi selesai mahasiswa mengunduh lembar pengesahan skripsi di: https://fisip.unpar.ac.id/skripsi/4/
  5. Lengkapi tanda tangan para penguji sebelum mengajukan permohonan tanda tangan Dekan melalui email: kasubag_akd.fisip@unpar.ac.id (hanya lembar pengesahan skripsi yang telah ditandatangani para penguji saja yang dikirim pada saat mengajukan permohonan tanda tangan Dekan / bukan seluruh skripsi final)
  6. Unggah softfile skripsi final, lembar pengesahan skripsi dan daftar perbaikan naskah skripsi melalui web FISIP dengan tautan: https://fisip.unpar.ac.id/skripsi/4/ maksimal 7 hari kerja setelah pelaksanaan sidang skripsi
  7. Nilai sidang dapat dilihat di student portal setelah proses verifikasi selesai

CATATAN

  • Manual Book Panduan Pengajuan sidang dapat dilihat dan diunduh di student portal
  • Bagi mahasiswa yang telah sidang dan berencana lulus / yudisum di semester berjalan langkah selanjutnya adalah:
  1. Melakukan penyisihan mata kuliah (baik yang akan melakukan / tidak melakukan penyisihan mata kuliah)
  2. Melakukan pendaftaran Yudisium
  • Manual book panduan pengajuan penyisihan mata kuliah dan pengajuan yudisium dapat dilihat dan diunduh di student portal
  • Mahasiswa yang telah melaksanakan sidang skripsi di semester yang telah lalu dan berencana lulus / yudisium di semester berjalan dapat melakukan penyisihan mata kuliah (jika belum dilakukan di semester pada saat melaksanakan sidang) dan juga melakukan pengajuan yudisium agar dapat dinyatakan lulus / Yudisium di semester berjalan
  • Syarat untuk pengajuan Yudisium adalah:
  1. Telah menempuh seluruh mata kuliah dengan semua nilai telah memenuhi syarat untuk lulus
  2. Lulus test toefl dengan skor minimal 500
  3. Bebas pinjam buku perpustakaan
  4. Tidak ada tagihan biaya studi
  5. Telah berhasil melakukan proses pengajuan penyisihan mata kuliah di student portal

untuk Jadwal Pendaftaran Sidang, Yudisium dan Wisuda Gelombang I, Tahun Akademik 2022-2023, bisa dilihat pada tautan dibawah ini:

Pengumuman Jadwal Pendaftaran Sidang, Yudisium dan Wisuda Gelombang I, Tahun Akademik 2022-2023

X