The 4th ICOGPASS: Mahasiswa Administrasi Publik UNPAR, Jadi Juaranya!

ICoGPASS (International Conference on Governance Public Administration and Social Science) merupakan salah satu konferensi internasional yang diselenggarakan oleh STIA LAN. Konferensi ini diikut sertai oleh akademisi dan mahasiswa program studi Ilmu Administrasi Publik dari berbagai universitas di Indonesia. Konferensi diselenggarakan secara hybrid pada tanggal 16 November 2022 dengan mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan untuk memberi wadah serta mendukung para akademisi agar dapat mempublikasikan hasil karyanya dalam ranah internasional.

Nurchairani Sekar Kinasih, Vienka Lugina Handy dan Ali Akbar bersama beberapa mahasiswa lainnya aktif terlibat menjadi peserta ICoGPASS mewakili Program Studi Administrasi Publik Program Sarjana, Universitas Katolik Parahyangan. Sebagai perwakilan dari UNPAR, mereka mendapatkan kesempatan untuk mengikuti serangkaian acara yang terdiri atas presentasi makalah, diskusi atau tanya jawab kepada peserta, dan diakhiri dengan pengumuman penerima penghargaan.

Sekar, Vienka dan Ali diberi kesempatan oleh Ibu Tutik Rachmawati sebagai dosen mata kuliah Birokrasi dan Governansi untuk mengikutsertakan hasil Bibliometric Analysis dalam ICoGPASS. Tidak hanya membimbing, Ibu Tutik juga turut bekerja bersama sebagai tim dalam membantu supervisi tulisan makalah serta ikut berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta lain pada saat konferensi berlangsung. Berkat kontribusinya, kelompok mahasiswa tersebut mendapat penghargaan sebagai pemapar terbaik pada ajang ICoGPASS. Tidak hanya itu, para dosen dan mahasiswa lainnya pun ikut andil dalam berpartisipasi memberikan kontribusi sebagai penyaji, sehingga Universitas Katolik Parahyangan mendapat penghargaan sebagai kampus mitra terbaik.

Untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam acara konferensi internasional, para mahasiswa bimbingan Ibu Tutik yaitu Sekar, Vienka dan Ali merasa sangat bangga telah meraih penghargaan di ICoGPASS, dan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi mereka untuk ikut terjun dalam kompetisi akademik. Dengan pencapaian-pencapaian yang telah diraih pada konferensi internasional tersebut, program studi Ilmu Administrasi Publik UNPAR memiliki harapan besar untuk dapat terus mendorong mahasiswa-mahasiswanya agar bisa mengembangkan kemampuan akademik dengan lebih baik lagi dan mendapatkan kesempatan kembali untuk ikut aktif berpartisipasi pada konferensi maupun kompetisi akademik selanjutnya yang akan datang.

X