Pemberitahuan Standar Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan

Mengacu pada Keputusan Rektor Universitas Katolik Parahyangan Nomor: III/PRT/2021-11/279 tentang: Standar Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan, Bab II Bagian kesatu, pasal 2 mengenai Pengukuran Kemampuan Bahasa Inggris yang berbunyi:

  1. Setiap calon mahasiswa program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana mendapatkan tes kemampuan bahasa inggris dengan menggunakan standar CEFR melalui ujian saringan masuk dan/atau tes mandiri.
  2. Hasil tes kemampuan bahasa inggris sesuai ayat (1) digunakan sebagai rujukan kemampuan bahasa inggris mahasiswa untuk selanjutnya diuji dengan tes dengan menggunakan pengukuran skor GSE

Bab II Bagian kedua, pasal 4 mengenai Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris Minimum

  1. Kemampuan bahasa inggris mahasiswa diukur dalam (4) empat kemampuan berbahasa yang meliputi
    a. kemampuan mendengarkan (listening)
    b. kemampuan membaca (reading)
    c. kemampuan berbicara (speaking) dan
    d. kemampuan menulis (writing)
  2. Dalam kurun waktu penyelesaian studi, setiap mahasiswa wajib melakukan tes untuk 4 (empat) kemampuan berbahasa Inggris sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) dengan tingkat kemampuan keseluruhan minimum pada standar CEFR B1
  3. Standar sebagaimana yang dimaksud pada ayat (2) merupakan hasil pengukuran atas skor yang setara dengan
    a. Skor GSE minimal (empat puluh tiga)
    b. Skor TOEFL IBT minimal 59 (lima puluh sembilan)
    c. Skor IELTS minimal 5,5 (lima koma lima)
    d. Skor CES minimal 140 (seratus empat puluh) atau
    e. Skor TOEFL IBT minimal 500 (lima ratus)

Maka dengan ini, dengan ini kami menginformasikan beberapa hal kepada seluruh mahasiswa program sarjana, yaitu :

  1. Mahasiswa peserta mata kuliah skripsi di Semester Genap 2023/2024 yang akan melakukan pendaftaran sidang sarjana dan akan mengajukan pendaftaran kelulusan (yudisium) di Semester Genap 2023/2024 :
    ➡ Untuk angkatan 2019 dan sebelumnya harus memenuhi skor tes TOEFL dengan skor minimal 500 maksimal di Semester Genap 2022/2023,
    ➡ Untuk angkatan 2019 dan sebelumnya yang belum memenuhi skor minimal TOEFL 500 setelah Semester Genap 2023/2024 wajib melakukan test dengan metode test Pearson (Benchmark Test)
    ➡ Untuk angkatan 2020 dan setelahnya pemenuhan skor tes kemampuan bahasa inggris dinyatakan dengan skor GSE minimal 43 (empat puluh tiga) dengan metode test yang ditetapkan oleh Lembaga Pengembangan Institusi dan Inovasi (LPII)
  2. Mahasiswa dapat melakukan tes kemampuan bahasa Inggris di luar Universitas Katolik Parahyangan pada lembaga pelaksanaan tes kemampuan bahasa Inggris yang terpercaya dan telah ditetapkan Lembaga Pengembangan Pemelajaran dan Karir (LPPK). Hasil dari  tes kemampuan bahasa Inggris di luar Universitas Katolik Parahyangan wajib diserahkan kepada Lembaga Pengembangan Institusi dan Inovasi (LPII)
  3. Informasi mengenai TOEFL dapat menghubungi Lembaga Pengembangan Institusi dan Inovasi (LPII) di alamat email: lpii@unpar.ac.id nomor kontak yang dapat dihubungi +62 8112439-420

X