Kuliah Tamu Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Program Studi Ilmu Hubungan Internasional melaksanakan kuliah tamu di bulan Maret 2014. Pada tanggal 11 Maret 2014 diadakan kuliah tamu Komunikasi Internasional dengan tema “Penulisan Berita dan Fitur Masalah Internasional” oleh Rene L. Pattiradjawane (wartawan senior KOMPAS). Kuliah tamu dilaksanakan dalam kaitannya dengan mata kuliah Komunikasi Internasional yang dibawakan oleh Elisabeth Adyiningtyas Satya Dewi, S. IP., M.A., Ph. D. mengundang wartawan senior harian Kompas, Rene L. Pattiradjawane pada 11 Maret 2014 di ruangan 3501 Universitas Katolik Parahyangan. Dalam kesempatan ini, beliau membagikan pengalaman dalam berkarier di media, khususnya di harian Kompas selama 30 tahun. Dalam proses penulisan masalah internasional, ada baiknya dilakukan berdasarkan pembelajaran berbasis penemuan, penyelidikan dan partisipasi langsung penulis dalam kasus tersebut. Sehingga nantinya penulis dapat membedakan antara garis batas fakta dan analisa, hal tersebut bertujuan agar tulisannya tidak bersifat subjektif. Tulisan merupakan media untuk menyampaikan ide, tulisan yang baik adalah tulisan yang memiliki argumen yang kuat. Caranya adalah dengan menggunakan analisa 5W+1H, yang ditekankan pada ‘Why’ (Kenapa) yang nantinya dapat memancing seorang penulis untuk dapat menganalisa lebih tajam. Selain itu pula, seorang penulis harus sering membaca, selain bertujuan untuk menambah wawasan, penulis pun akan menjadi kaya akan kosakata, sehingga penulis mudah untuk bermain kata. Memiliki pengetahuan akan sejarah dan paradigma yang kuat akan mempengaruhi cara menulis seorang penulis masalah internasional.

Pada tanggal 13 Maret 2014 diadakan kuliah tamu dengan tema “Membedah Islam di Barat”. Topik tersebut diangkat pada kuliah tamu yang mengundang Prof. DR. Alwi Abdurrahman Shihab. Beliau merupakan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia pada Kabinet Persatuan Nasional, MENKO KESRA RI (2004-2005) serta utusan khusus pemerintah Republik Indonesia untuk Timur Tengah (2006-2012). Kuliah tamu ini bertempat di ruangan Audio Visual FISIP dan diikuti oleh seluruh mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Islam dan Politik Global, adapun bertindak selaku moderator adalah Sapta Dwikardana Ph.D.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengetahui secara seksama hubungan antara Islam dan Barat, mengetahui sejarah perkembangan lahirnya Islam, serta bagaimana Islam bisa berkembang di Barat. Dalam kuliah tamu ini, Alwi Shihab menyampaikan bagaimana pengalamannya semasa menjadi Menteri Luar Negeri dan berkunjung ke beberapa negara Eropa dan Amerika Serikat, beliau juga menyampaikan pendapatnya mengenai cara pandang negara-negara barat yang lebih terbuka terhadap Islam pasca terjadinya kejadian 9/11 di Amerika Serikat. Dalam sesi diskusi dan tanya jawab, antusiasme yang tinggi terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya mengenai topik tersebut seperti diskusi masalah-masalah Islam kontemporer di Indonesia, antara lain tentang Jaringan Islam Liberal (JIL), diplomasi dan politik luar negeri Indonesia,  praktek-praktek keislaman masyarakat, bagaimana hubungan Turki dengan negara Islam dan barat, bagaimana perkembangan Islam di Indonesia dan beberapa pertanyaan menarik lainnya.

Semoga dengan adanya kuliah tamu ini, dapat memberikan pengetahuan terhadap perkembangan mengenai topik yang diangkat serta pengalaman yang coba disampaikan oleh para pembicara, dapat menjadi tambahan informasi bagi mahasiswa UNPAR.

X